NONTON FILM CINEMA TERPERCAYA - AMOK

NONTON FILM CINEMA TERPERCAYA - AMOK - Mengamuk, kadang-kadang disebut amuk atau amuk, juga dieja amuk, dari bahasa Melayu, adalah "sebuah episode dari serangan massa mendadak terhadap orang atau benda-benda yang biasanya dilakukan oleh satu individu setelah periode merenung yang secara tradisional dianggap sebagai terjadi terutama dalam budaya Melayu namun kini semakin dipandang sebagai perilaku psikopatologis ".

AMOK
Sindrom "Amok" ditemukan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-IV TR). Ungkapan ini sering digunakan dengan cara yang kurang serius saat mendeskripsikan sesuatu yang tidak terkendali dengan liar atau menyebabkan kegilaan (misalnya, seekor anjing yang merobek perabotan ruang tamu dapat disebut sebagai "mengamuk").

NONTON FILM CINEMA TERPERCAYA


Amok berawal dari kata Melayu / Indonesia meng-uh, yang bila secara kasar berarti "membuat marah dan putus asa". Menurut budaya Melayu / Indonesia, amuk berakar pada kepercayaan spiritual yang dalam.

 Mereka percaya bahwa amuk disebabkan oleh hantu belian, yang merupakan roh harimau jahat yang masuk ke tubuh seseorang dan menyebabkan tindakan keji tersebut. Sebagai hasil dari kepercayaan tersebut, budaya Indonesia mentolerir amuk dan menangani efek samping tanpa niat buruk terhadap penyerang.

Meskipun umum digunakan dalam arti sehari-hari dan kurang ganas, ungkapan ini terutama terkait dengan sindrom terikat budaya sosiopat spesifik dalam budaya Malaysia. Dalam kasus khas mengamuk, seorang individu (sering laki-laki), yang tidak menunjukkan tanda kemarahan atau kecenderungan kekerasan sebelumnya, akan mendapatkan senjata (biasanya pedang atau belati, tapi sekarang ada berbagai senjata) dan dalam Kegilaan yang tiba-tiba, akan berusaha membunuh atau melukai siapa pun yang ditemuinya dan dirinya sendiri.

 Amok biasanya berlangsung di daerah padat atau padat. Amok episode semacam ini biasanya diakhiri dengan penyerang yang dibunuh oleh pengamat atau melakukan bunuh diri, memunculkan teori bahwa amuk bisa menjadi bentuk bunuh diri yang disengaja dalam budaya dimana bunuh diri sangat distigmatisasi.


Posted By : 

Comments