NONTON MOVIE TERDEPAN - THE STRANGER (2010)

NONTON MOVIE TERDEPAN - THE STRANGER (2010) - L'Étranger (The Outsider [Inggris], atau The Stranger [AS]) adalah sebuah novel tahun 1942 oleh penulis Prancis Albert Camus. Tema dan pandangannya sering disebut sebagai contoh filsafat Camus tentang absurd dan eksistensialisme, meskipun Camus secara pribadi menolak label yang terakhir.

THE STRANGER (2010)

Tokoh judulnya adalah Meursault, seorang Aljazair Prancis yang acuh tak acuh digambarkan sebagai "warga negara Prancis yang berkedudukan di Afrika Utara, pria Mediterania, seorang pria yang belum mengenal budaya tradisional Mediterania.



Dia menghadiri pemakaman ibunya. Beberapa hari kemudian, dia membunuh seorang pria Arab di Aljir Prancis, yang terlibat dalam konflik dengan seorang teman. Meursault diadili dan dijatuhi hukuman mati. Ceritanya terbagi menjadi dua bagian, menghadirkan narasi orang pertama Meursault sebelum dan sesudah pembunuhan.

Pada bulan Januari 1955, Camus menulis:

Saya meringkas The Stranger sejak lama, dengan sebuah pernyataan yang saya akui sangat paradoks: 'Di masyarakat kita, siapa pun yang tidak menangis saat pemakaman ibunya berisiko dijatuhi hukuman mati.' Saya hanya bermaksud bahwa pahlawan buku saya dikutuk karena dia tidak bermain game.

Edisi pertama Stranger terdiri dari 4.400 eksemplar dan bukan merupakan best seller terlaris. Tapi novel itu diterima dengan baik, sebagian karena artikel Jean-Paul Sartre "Explicit de L'Etranger," pada malam penerbitan novel tersebut, dan sebuah kesalahan dari Propaganda-Staffel.

Diterjemahkan empat kali ke dalam bahasa Inggris, dan juga ke dalam banyak bahasa lainnya, novel ini telah lama dianggap sebagai sastra klasik abad ke-20. Le Monde menempatkannya sebagai nomor satu di 100 Buku Abad Pertengahan.

Novel ini dua kali diadaptasi sebagai film: Lo Straniero (1967) (Italia) oleh Luchino Visconti dan Yazgı (Fate) oleh Zeki Demirkubuz (bahasa Turki).


Posted By : 

Comments